Fakta tentang petir

Posted by MY BLOGGER Jumat, 30 November 2012 0 komentar
Petir terjadi akibat perpindahan muatan negatif menuju ke muatan positif. Menurut batasan fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Prinsip dasarnya kira-kira sama dengan lompatan api pada busi.




1)pada saat hujan pasti kalin sering melihat sebuah sahaya terang dari langit yang mendung, itu manya petir. ternyata pada saat hujan adalah waktu yang sangat bagus bagi tumbuh kembang tanaman, bukan hanya karena air hujannya melainkan apa yang terkandung di dalam air hujan tersebut, apa yang terdapat di dalam air hujan tersebut? Nitrit adalah benda tersebut, nitrit sangat penting bagi tumbuh kembang tanaman, kok tiba2 ada nitrit sih di air hujan? nitrit ini terbentuk dari gas Nitrogen (N2) dan gas Oksigen (O2) dan terfiksasi oleh bantuan petir, energi petir yang sangat besar mempercepat proses fiksasi N2 dan O2 menjadi 2NO, ini sangat menguntungkan untuk tanaman, karena pada saat ini lah pembentukan nitrit terjadi dalam jumlah yang besar








2)Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat Celcius. Suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat Celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petir terkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Panas yang luar biasa ini berarti bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada di muka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari tingginya 700.000 derajat Celcius. Dengan kata lain, suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.
Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengah kecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan 96.000 km/jam.




3)Roy sullivan
Dia berkali-kali kesamber petir. Selama hidupnya,dia pernah kesambar petir sebanyak 7 kali. Secara statistik, kemungkinan seorang manusia kesamber petir itu Cuma 1 banding 3000. jadi,kemungkinan seseorang kesamber petir 7 kali adalah 1 banding 22,000,000,000,000,000,000,000,000 !! bener-bener sial ni orang.
Roy Sullivan adalah seorang tukang parkir di Virginia's Shenandoah National Park. Para ilmuan mengatakan kalau mungkin si roy Sullivan ini bekerja di tempat yang rawan petir. Tapi kesamber petir 7 kali dan masih sehat-sehat aja?? Wah manusia super nih.
Sullivan pertama kali kesamber petir saat berada di menara pengawasan tahun 1942. petir menyambar pahanya. Sullivan juga pernah kesamber petir pas lagi nyetir mobil saat turun dari gunung, memancing, dan saat berada di ranger station.
Di dalam ruangan aja dia bisa kesamber petir. Setelah itu rambut Sullivan terbakar dan semenjak itu dia membawa-bawa air kemanapun dia pergi.
3 tahun kemudian dia kesamber petir lagi di mata kakinya. Bahkan istrinya Sullivan juga ikutan kena sambaran petir saat mereka berdua lagi bawa-bawa gantungan baju dari metal. Eeeh dua tahun kemudian si sullivan kesamber petir lagi. Tapi akhirnya Sullivan meninggal dunia pada umur 71 tahun. Dia tidak mati karena kesamber petir, tapi dia bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri. Kasian ya. Mungkin dia lagi banyak masalah




4)Pernah dengar ungkapan 'bagai petir di siang bolong?' Ternyata di Pennsylvania kalimat tersebut bukan hanya sekedar ungkapan.

Britney, seorang anak perempuan berumur 11 tahun, sedang berjalan di sebuah bukit yang beratapkan langit biru cerah bersama temannya. Tiba-tiba, bagaikan (dan memang) petir di siang bolong, sebuah petir yang nyasar menyambar pundak kiri anak itu dan menembus hingga pergelangan tangannya, meninggalkan luka bakar pada kedua bagian tersebut.

Ibunya, Lisa Wehrle, berkata, "Saat itu tidak ada hujan, Itu adalah hari yang indah. Apa yang ia dengar hanya bunyi petir."

Petir itu diduga berasal dari badai yang berjarak berkilo-kilometer dari tempat kejadian.

Britney lalu dirawat di rumah sakit Pittsburgh. Selain tangannya yang patah, kondisinya bisa dibilang baik.







5)Bagaimana Volcanic Lightning atau petir di awan letusan gunung terjadi? Meskipun semua fenomena yang berbasis badai dan petir belum 100% dipahami dan masih menjadi obyek penelitian sampai saat ini. Namun secara umum terjadinya petir di awan debu vulkanik ini dapat dijelaskan.
Sebagian besar Atom atom, pada awalnya netral (tahap 1). Tetapi dengan banyaknya energi bebas yang hadir (ingat ini gunung berapi), tentu tidak menjadi masalah untuk melempar keluar elektron yang terikat lemah dari beberapa atom yang mengikat mereka, sementara pada saat yang sama ada atom atom yang ingin mengambil elektron yang baru dibebaskan ini, juga dapat dengan mudah melakukan hal tersebut. (tahap 2)
Dengan suhu sekitar 1500 Kelvin, tentu ada energi yang cukup untuk melempar elektron dari beberapa atom yang paling longgar memegang/mengikat mereka, di mana mereka kemudian dapat diambil dengan mudah oleh atom lain, menciptakan sejumlah besar ion ion positif dan ion ion negatif.
Sekarang, hal kunci yang menyebabkan peristiwa ini terjadi -dari titik ini- adalah kita harus memisahkan banyak muatan muatan negatif dari banyak muatan muatan positif. (tahap 3.) Dan kita harus memisahkan mereka, dengan jarak yang cukup, untuk mendapatkan beda potensial listrik yang akan menyebabkan sambaran petir! (tahap 4.) Jika kita bisa melakukan itu, kita dapat membuat petir vulkanik. dengan kondisi suhu tinggi dan banyaknya partikel ion2 dari materian klastik (SiO2) dapat dengan mudah menyebabkan loncatan listrik yang tinggi yang menyebabkan petir dapat terbentuk

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT
Judul: Fakta tentang petir
Ditulis oleh MY BLOGGER
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://laba2laba.blogspot.com/2012/11/fakta-tentang-petir.html. Terima kasih .

0 komentar:

Posting Komentar

Random artikel

History Posting

Mau Widget Ini? Klik Disini

FRIEND

Copyright of Laba2laba.blogspot.com.