Cara menghapan doa bahasa arab dengan mudah

Posted by MY BLOGGER Rabu, 19 Desember 2012 0 komentar
Buat sobat yang muslim tentu mengalami kesulitan dalam menghapal doa-doa ataupun surat-surat dalam Alquran. Karena semua doa dan surat itu berbahasa arab sedangkan bahasa yang kita gunakan sehari-hari adalah bahasa Indonesia. Setelah berusaha keras untuk hapal tapi cepet bener lupanya.

Langsung aja, cara mudah menghapal doa buat muslim. Intinya adalah mencari bantuan ingatan.Caranya sebagai berikut


1. Hapalkan dengan artinya dalam bahasa indonesia gan. Jangan hanya arabnya aja.

Waduh, hapalin arab-nya aja susah apalagi hapalin dengan artinya  Tenang aja sob, baca aja terus sampe selesai.

2. Hapalkan arab dan terjemahan Indonesia secara bersamaan. Jangan hapalin arab dulu trus baru hapalin indonesia. Harus sekaligus secara bersamaan

Waduh, ini malah tambah susah lagi. Hapalin satu aja susah, ini di suruh hapalin lengkap dengan artinya. Secara bersamaan lagi. Tenang jangan takut dulu, ini mudah kok, terus aja baca sampe habis.


Oke sobat udah tau 2 cara mudah menghapal doa. Sekarang gimana prakteknya. Kita ambil contoh yang mudah dulu aja. Menghapal ayat kursi. Ayat kursi itu dalam tulisan arab seperti ini gan.

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاو ;َاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Nah, karena harus di hapalin lengkap dengan artinya, maka terjemahan ayat kursi seperti ini.

Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Nah, sekarang mempraktekkan cara yang kedua. Yaitu harus di hapalkan secara bersamaan.

Arabnya :
اللَّهُ
Terjemahan : Allah

Arab :
لاَ إِلَهَ إِلاَّ
Terjemahan : tidak ada Tuhan melainkan. Disini berarti agan udah tau bahwa لاَ artinya "tidak", إِلَهَ artinya "Tuhan", إِلاَّ artinya "melainkan".

Arab :
هُوَ

Terjemahan : Dia

Arab :
الْحَيُّ الْقَيُّومُ
Terjemahan : yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya

Arab :
لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ
Terjemahan : tidak mengantuk. Dibagian atas, agan udah tau bahwa لاَ artinya "tidak". Jadi untuk تَأْخُذُهُ سِنَةٌ artinya adalah "mengantuk".

Arab :
وَلاَ نَوْمٌ
Terjemahan : dan tidak tidur. Kita ketemu lagi dengan kata لاَ jadi pasti artinya ada kata "tidak". ada bacaan وَ yang berarti artinya "dan". Sehingga arti keseluruhan adalah "dan tidak tidur".

Sekarang udah lumayan nih gan. Jangan di lanjutin dulu, di ulangi dan dipahami sebentar bahwa
اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ
artinya adalah "Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur". Memahaminya dengan kosa kata yang udah di jelasin di atas. Sehingga saat agan lupa arabnya, agan masih punya bantuan ingatan di bagian indonesianya. Jadi ada jejaknya gitu. Ga lupa sama sekali kalo agan seperti kalo agan hanya menghapal arabnya saja.

Nah sekarang sobat coba latihan dengan yang selanjutnya yaitu
لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ


Guna kan cara-cara seperti di atas. Kunci jawaban ada di bawah
Arab :
لَهُ
Terjemahan : "Kepunyaannya"

Arab :
مَا
Terjemahan : "apa"

Arab :
فِي السَّمَاوَاتِ
Terjemahan : "di langit". Nah, agan dapat kata baru lagi yaitu السَّمَاوَاتِ yang artinya "langit"

Arab :
وَمَا
Terjemahan : "dan apa". Ingat kan gan, di atas sebelumnya وَ itu artinya "dan" dan مَا artinya "apa". Jadi sederhananya artinya adalah "dan apa"

Arab :
فِي الأَرْضِ
Terjemahan : "di bumi". Nah, agan dapat bantuan lagi nih yaitu فِي yang artinya "di". Ada dua kali pengulangan فِي yang artinya sama. Ya semacam kata sambung kalo di bahasa indonesia.

Sekarang di ulang dulu, jangan langsung di lanjutin.
لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ
artinya adalah "KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi". Dipahami dulu dengan cara menemukan bantuan ingatan di bagian indonesianya. Setelah Udah paham, ya mulai di gabungin deh dengan hapalan kita yang sebelumnya
اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ
Artinya : Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi.

Dengan cara di atas, maka hapalan yang masuk ke otak kita akan lebih terstruktur dan mempunyai hubungan satu dengan yang lain, hapalan itu adalah skill, semakin sering di ulang maka akan semakin mahir. Kenapa bisa mahir? karena banyak kata2 dalam doa/alquran yang diulang sehingga semakin memudahkan kita untuk menghapal.

 
Sumber:http://www.kaskus.co.id/thread/50d1f6f51c7608f77400007f/cara-mudah-menghapal-doa-bahasa-arab/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT
Judul: Cara menghapan doa bahasa arab dengan mudah
Ditulis oleh MY BLOGGER
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://laba2laba.blogspot.com/2012/12/cara-menghapan-doa-bahasa-arab-dengan.html. Terima kasih .

0 komentar:

Poskan Komentar

Random artikel

History Posting

Mau Widget Ini? Klik Disini

FRIEND

Copyright of Laba2laba.blogspot.com.